May 22, 2016 6:49 am

Kalahkan Dortmund di Babak Penalti, Bayern Munich Juara DFB-Pokal 2015/16

Kalahkan Dortmund di Babak Penalti, Bayern Munich Juara DFB-Pokal 201516-

 

Bayern Munchen menghadapi Borussia Dortmund di final DFB-Pokal 2015/16, Minggu (22/5). Di Olympiastadion, Berlin, Bayern menang adu penalti 4-3 setelah bermain 0-0 di sepanjang waktu normal dan extra time.

Kegagalan eksekusi Sokratis dan Sven Bender untuk Dortmund sangat krusial. Penalti penentu kemenangan Bayern dieksekusi oleh Douglas Costa.

Ini adalah pertandingan terakhir Josep Guardiola sebagai pelatih Bayern. Musim depan, dia akan menangani Manchester City. Ini juga laga terakhir Mats Hummels sebagai kapten Dortmund. Musim depan, mantan bek Bayern itu akan kembali bergabung dengan sang raksasa Bavaria.

Babak pertama berjalan cukup ketat. Seperti biasanya, pertemuan antara dua tim terbaik Jerman ini selalu penuh tensi. Itu terlihat dari kartu kuning untuk Franck Ribery dan Joshua Kimmich dari kubu Bayern serta Gonzalo Castro dari pihak Dortmund.

Meski begitu, permainan berkualitas juga tersaji di atas lapangan, terutama oleh Pierre-Emerick Aubameyang dan Thomas Muller. Namun, lini pertahanan kedua tim tampil impresif. Alhasil, kedua kiper jarang beraksi dan skor 0-0 pun menutup paruh pertama.

Setelah jeda, Bayern langsung tancap gas. Robert Lewandowski mendapatkan dua peluang emas pada menit 53 dan 63, tapi dia gagal mengkonversinya jadi gol.

Di menit 70, Dortmund terpaksa melakukan pergantian pemain pertama. Marcel Schmelzer yang cedera digantikan oleh Erik Durm. Tak lama berselang, menyusul Hummels yang cedera dan harus digantikan oleh Matthias Ginter.

Aubameyang harusnya bisa menutup laga ini dengan kemenangan Dortmund ketika mendapatkan umpan matang dari Marco Reus pada menit 85. Namun sayang, tembakannya melenceng. Belum ada gol, laga pun berlanjut ke extra time.

Di dua babak perpanjangan waktu, kelelahan mulai terlihat. Intensitas menurun dan adu penalti pun tak terhindarkan.

Kagawa sebagai algojo pertama Dortmund sukses, begitu pula Vidal dari pihak Bayern. Namun sayang, eksekusi kedua Dortmund oleh Bender ditepis oleh Manuel Neuer. Lewandowski membawa Bayern memimpin. Setelah itu, Dortmund gagal lagi ketika eksekusi Sokratis menerpa tiang. Setelah itu, Josshua Kimmich gagal dari pihak Bayern, lalu Aubameyang dan Muller menunaikan tugas masing-masing dengan baik. Reus juga sukses, tapi demikian halnya dengan Douglas Costa.

Eksekusi Costa memastikan Bayern menang adu penalti 4-3 dan keluar sebagai juara. Ini adalah gelar DFB-Pokal ke-18 bagi The Bavarians.

Guardiola pun dipastikan meninggalkan Bayern dengan persembahan total tujuh gelar juara sejak pertama kali datang pada tahun 2013. Tujuh gelar itu didapat dari Bundesliga 2013/14, 2014/15, 2015/16, DFB-Pokal 2013/14 dan 2015/16, Piala Super Eropa 2013 serta Piala Dunia Antarklub FIFA 2013.

Tags: ,