var id = "aa8b755c57ec91970af252b4ed334c8571b7da62"; class="post-template-default single single-post postid-68 single-format-standard no-slider content-r" layout='2'>

Cara Mengambil Screenshot Di Laptop ASUS

Semudah kelihatannya, beberapa orang sering menyalin informasi yang mereka butuhkan melalui klik mouse untuk menyimpan apa yang mereka butuhkan. Namun, jika data atau representasi visual dari data tidak dapat langsung disalin, menyalin dan menempel tidak akan berfungsi begitu saja.

Cara Screenshot Laptop Asus pada dasarnya adalah sistem yang diambil gambar dari informasi, data, representasi visual dari data yang ditampilkan di layar pada komputer atau perangkat seluler. Ini juga dikenal sebagai tangkapan layar atau tangkapan layar, yang mengambil gambar dari konten yang ditampilkan ke layar.

Kemampuan tangkapan layar dari perangkat apa pun pada dasarnya diambil oleh prompt perintah yang dikirimkan ke sistem operasi melalui klik satu atau beberapa tombol. Kemajuan terbaru dalam teknologi tangkapan layar, mampu merekam apa pun yang terjadi di layar secara real-time, tetapi untuk mempermudah, kami hanya akan fokus pada cara mengambil tangkapan layar dengan benar di Laptop ASUS.

Ada banyak cara untuk mengambil tangkapan layar yang akan menambah kesenangan dan pengalaman pengguna secara keseluruhan dalam menangkap konten di layar dengan cara yang lebih terintegrasi. Ada ratusan bahkan ribuan aplikasi baru yang dibangun untuk memenuhi kebutuhan pengguna tertentu.

Cara Mengambil Screenshot Di Laptop ASUS

Gunakan Pintasan Keyboard Pada Windows: PrtScn (Layar Cetak) Atau CTRL + PrtScn
Screenshot Asus
Di jendela laptop, buka Halaman tempat Anda ingin mengambil tangkapan layar
Pada keyboard Anda, ketuk tombol [PrtSc] sekali, ini akan menangkap layar
Buka program pengeditan gambar seperti paint
Tempel tangkapan layar menggunakan tombol Ctrl dan V pada keyboard Anda
Simpan file


Metode pertama cukup mudah dipahami. Untuk mengambil tangkapan

layar, mengetuk tombol PrtSc sekali saja sudah cukup. Jika itu tidak berhasil, sistem Anda mungkin meminta Anda untuk mengklik dan menahan tombol Control (Ctrl) yang terletak di kiri bawah keyboard dan mengklik tombol Print Screen (PrtSc) yang dapat ditemukan di dekat sudut kanan atas keyboard, pada saat yang sama, dari laptop atau komputer desktop mana pun untuk mengambil tangkapan layar.

Untuk melihat tangkapan layar, pengguna harus membuka paint atau dokumen apa pun dan menekan Ctrl + V untuk menempelkan tangkapan layar untuk melihat konten yang diambil. Ini adalah metode paling sederhana untuk menangkap layar jika informasi yang ditampilkan tidak memungkinkan pengguna untuk menyalin dan menempelkan informasi tersebut.

Metode 2: Gunakan Pintasan Keyboard: Windows + PrtScn

Ini adalah cara yang lebih intuitif untuk mengambil tangkapan layar di Laptop Asus. Meskipun tombol PrtSc saja sudah cukup untuk mengambil screenshot, yang menarik dari mengambil screenshot dengan cara ini adalah menjamin screenshot sudah diambil dan disimpan. Pengguna hanya perlu menahan tombol Windows dan tombol PrtSc bersama-sama untuk menyelesaikan proses screenshot.

Layar akan berkedip segera untuk memastikan pengguna bahwa tangkapan layar telah diambil dan disimpan secara otomatis. Ini terutama digunakan ketika tugas yang dihadapi sensitif dan membutuhkan jaminan pasti bahwa layar dan isinya ditangkap. Tangkapan layar yang diambil dengan cara ini dapat dengan mudah ditemukan di bagian Gambar di komputer tempat tangkapan layar disimpan dalam folder yang disebut juga Tangkapan Layar.

Metode 3: Menggunakan “Alat Pemotong”

Snipping Tool mudah ditemukan di Laptop ASUS manapun. Ini adalah alat penangkap khusus yang disediakan oleh windows yang dapat ditemukan di semua versi OS Windows. Alat ini tidak hanya membantu Anda mengambil tangkapan layar, tetapi juga memotong tangkapan layar yang diambil untuk menghilangkan bagian yang tidak diinginkan dari konten yang telah ditangkap. Jadi, jika Anda ingin memanfaatkan aplikasi kecil yang rapi ini, Anda perlu menekan tombol Windows pada keyboard Anda.

Pada kotak pencarian, ketik “SNipping TOOL”. Hasilnya akan muncul dan cukup klik aplikasi Snipping Tool. Sebuah jendela akan muncul di mana berbagai fitur screenshot akan muncul dari Free-Form, Rectangular, Window, atau Full-Screen snip akan muncul dimana opsi PrtSc konvensional untuk mengambil screenshot tidak memiliki.

Selain itu, Snipping Tool telah menunda respons di mana suatu area dapat dipilih untuk mengambil tangkapan layar dalam satu hingga lima detik. Alat snipping sebagai beberapa keunggulan dibandingkan opsi tangkapan layar umum seperti menggulir tangkapan layar, membuat GIF, dan menyimpan ke opsi perpustakaan.

Metode 4: Menggunakan Ekstensi / Plugin
Ada juga, lebih banyak pilihan yang tersedia di pasar perangkat lunak untuk mengambil tangkapan layar pada Laptop ASUS berdasarkan kebutuhan pengguna karena tangkapan layar PrtSc dasar mungkin tidak selalu berfungsi untuk penggunaan konten visual yang tidak konvensional.

Beberapa ekstensi screenshot yang terkenal adalah Lightshot, GoFullPage, FireShot, Nimbus Screenshot & Video Recorder, HTML Element Screenshot, dll. Ini adalah opsi screenshot aftermarket yang biasanya disediakan secara gratis. Dan dapat ditemukan di Toko Web Chrome.

Selain itu, ekstensi tidak terbatas pada Browser Chrome saja. Ekstensi / plugin ini dapat dengan mudah dipasang di Firefox, Brave, Opera, Vivaldi, Edge Browser, dll

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>